23jpagar.jpg
Salah satu penjual nasi pagar di Kecamatan Godong, Sri menyajikan menu sayuran tersebut pada pelanggannya.(Arie Widiarto/Ayosemarang)

PURWODADI, AYOSEMARANG.COM--Kuliner menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi suatu tempat. Selain memiliki nasi becek, swike, dan pecel gambringan, Kabupaten Grobogan juga memilik kuliner yang lezat yakni sego janganan atau dikenal juga sego pager (nasi pagar).

Sekilas, nasi pager seperti nasi pecel biasanya. Namun, cara pengolahan sayur yang digunakan berbeda dengan nasi pecel. Sayur pecel, disajikan dengan potongan besar dan direbus lebih dulu sebelum disiram sambel kacang.

Sementara sayuran dalam nasi pagar, dipotong kecil-kecil dan diaduk-aduk dengan srundeng (parutan kelapa goreng) dibumbu asin. Setelah diaduk-aduk, sayuran tersebut diletakan di atas nasi putih. Sebelum disajikan, nasi dan sayur tersebut disiram sambel kacang.

Sayuran dalam nasi pagar pun berbeda dengan nasi pecel. Nasi pagar menggunakan daun singkong, biji lamtoro atau mlanding, taoge, jantung pisang, dan kelapa goreng yang diparut. 

Nasi pagar sudah ada sejak 1980-an. Awalnya, nasi pagar hanya ada di Desa Ketintang, Kecamatan Godong dan hanya berjualan dari pukul 04.30 hingga 07.00. Turmudi, menjadi salah satu penjual nasi pagar yang terkenal waktu itu.

Kini, masakan ini dapat dijumpai di hampir seluruh desa, di Kecamatan Godong. Salah satunya Sri, warga Desa Bugel, Kecamatan Godong. 

"Sejarah nama nasi pagar ini karena ada satu bahan atau sayuran yang digunakan untuk makanan tersebut, yakni, biji lamtoro atau landing. Tanaman tersebut, dulunya sering ditanam di sudut halaman sebagai batas pekarangan rumah," kata Sri.

Selain karena bahannya, nama nasi pagar merupakan akronim dari pagi segar. Sebab, lanjut Sri, menu nasi pagar hanya disajikan pada pagi hari dan dalam keadaan segar.

Untuk menikmatinya, nasi pagar lebih nikmat bisa dilengkapi dengan peyek kacang. 

"Bisa juga pakai gorengan bakwan atau mendoan. Harga satu porsinya mulai dari Rp3.000 sampai Rp5.000," ujarnya.