act_a.jpeg
Bupati Grobogan Sri Sumarni saat acara seremonial pendistribusian air bersih menggunakan truk tanki dilakukan di Desa Pakis, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. (Dok)

GROBOGAN, AYOSEMARANG.COM- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Tengah, dan IPEBI Komisariat Semarang bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah (ACT Jateng) memberikan bantuan total sebanyak 304.000 liter air bersih. Bantuan itu akan didistribusikan bertahap untuk 12 desa di Kabupaten Blora dan 14 Desa di Kabupaten Grobogan untuk mengatasi kekeringan.

Adapun seremonial pendistribusian air bersih menggunakan truk tanki dilakukan di Desa Pakis, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan yang juga dihadiri oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni pada Selasa (24/9/2019).

AYO BACA :Kekeringan, Desa Munthuk Bantul Terima Bantuan Tiga Sumur Bor

“Program bantuan air bersih atau humanity water tank ini adalah wujud dari kepedulian dan tanggung jawab sosial Bank Indonesia sebagai suatu komponen bangsa untuk memecahkan masalah sosial yang dihadapi masyarakat,” ungkap Soekarwardojo selaku Ketua KPwBI Jawa Tengah.

“Ikhtiar kami sebanyak 38 truk tanki dengan kapasitas masing-masing 8.000 liter per tanki akan disalurkan secara langsung di berbagai Desa yang terdampak kekeringan,” sambungya.

AYO BACA :Tiga Bulan Wilayah RT 4 RW 9 Rowosari Alami Kekeringan

Sementara itu, Sri Suroto Kepala Wilayah ACT Jateng menyatakan apresiasi kepada berbagai pihak yang sudah memberikan bantuan. Selain bantuan yang sifatnya emergensi/ jangka pendek, berbagai program untuk menjadi solusi jangka panjang pun telah dipersiapkan.

Pihaknya berterima kasih kepada Bank Indonesia, BMPD, dan juga IPEBI yang sudah peduli dan menjadikan ACT sebagai mitra dalam menyalurkan bantuan emergency response distribusi air bersih.

“Kita akan mengajak Bank Indonesia sebagai mitra dan juga siapapun untuk bersama membangun Sumur Wakaf Keluarga dan juga Sumur Wakaf Pertanian sebagai solusi mengatasi kekeringan yang setiap tahun melanda berbagai wilayah Jawa Tengah, termasuk Grobogan dan Blora,” tandasnya.

AYO BACA :Ini 11 Titik Rawan kekeringan di Pekalongan