13engaji.jpg
KH Imam Ghozali membaca kitab Durotun Nasihin saat live ngaji online Jaring. (dok Jaring)

DEMAK, AYOSEMARANG.COM -- Di masa pandemi Covid-19 Jam’iyyah Rindu Ngaji (Jaring) mengadakan ngaji online selama bulan Ramadan. 

Kegiatan ngaji disiarkan secara langsung lewat media sosial Jaring dengan narasumber beberapa kiai besar di Kabupaten Demak.

AYO BACA :Jaring Demak Bagikan Masker dan Takjil

Narasumber tersebut antara lain KH Imam Ghozali yang membaca Kitab Durotun Nasihin, KH Muhlis Nor membaca Kitab Muhtarul Ahadist, KH Muhammad Khafidz Shaleh dengan membaca Kitab Taqrib dan beberapa kyai yang membaca kitab-kitab lain.

Salah satu anggota Jaring Kabupaten Demak Muhammad Lukman mengatakan, kegiatan ngaji online ini rencana akan terus digalakkan sampai dengan pandemi Covid 19 hilang di Indonesia. Tujuannya agar khazanah keislaman tetap dikaji walaupun dalam social distancing.

AYO BACA :Ndablek, Petugas Gabungan Segel 2 Cafe Masih Buka di Tengah Pandemi

Ia menyebutkan setiap ngaji online diikuti oleh ratusan jamaah dari berbagai daerah seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat hingga Sumatera bahkan Papua. 

“Semoga kegiatan baik ini bisa memberikan kemaslahatan untuk umat,” ujar Lukman di Demak, Rabu (13/5/2020).

Salah satu narasumber Jaring KH Imam Ghozali menyampaikan agar dalam hidup dapat memberi manfaat kepada orang lain.

 “Senajan sak lugut paribasan, uripe awak dewe kudu ono manfaate marang sepodo-podo (Walaupun hanya sebutir debu kalau bisa hidup kita bermanfaat kepada orang lain), ”ujarnya.

AYO BACA :Pasar Bintoro Demak Mulai Terapkan Jaga Jarak Antarpedagang