resep-boba.jpg
boba (shopee)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Ingin makan boba tapi malas keluar rumah? Lebih baik bikin boba sendiri ala rumahan.  Cara membuat boba sederhana dapat menjadi pilihan terbaik Anda yang ingin membuat boba di rumah. 

Pasalnya, topping minuman kekinian yang satu ini ternyata cukup mudah dibuat dan tidak membutuhkan cara maupun peralatan khusus.

Selain itu, bahan baku boba juga cukup mudah didapatkan. Walaupun tidak akan serapih boba hasil produksi mesin, membuat boba sederhana ini bisa memberikan sensasi tersendiri sehingga patut untuk Anda coba.

Berikut resep membuat boba sendiri di rumah.

Bahan Membuat Boba

Bahan Boba Pearl

-135 gram tepung tapioka

-15 gram coklat bubuk

-150 ml air

-50 gram gula merah

AYO BACA :Resep Es Krim Kopi Handmade, Lembut dan Segar

-1 sdm gula pasir

Bahan Saus Boba

-100 gram gula merah

-100 gram gula pasir

-200 ml air

Bahan Tambahan

-Air rebusan boba lebih kurang 1,2 liter

-Air dingin atau air es

Cara Membuat Boba

1. Campurkan coklat bubuk dengan tepung tapioka dan aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan gula merah ke dalam panci. Tambahkan gula pasir dan air. Masak hingga gula merah dan gula pasir larut. Setelah larut, saring air gula tersebut.

AYO BACA :Poligami Lagi, Komedian Kiwil Nikahi Nikahi Janda Anak 2

2. Masak kembali air gula yang sudah disaring dengan api kecil dan masukkan setengah campuran tepung tapioka dan coklat bubuk. Kemudian, aduk hingga merata.

3. Masukkan kembali sisa campuran tepung tapioka dan coklat bubuk sebelumnya. Aduk kembali dan tetap masak dengan api kecil hingga adonan menjadi berat dan lengket.

4. Selanjutnya, angkat adonan boba dan letakkan di atas wadah datar yang sudah dialasi dengan tepung tapioka. Uleni adonan boba menggunakan tangan hingga sudah tidak lengket lagi.

5. Setelah adonan jadi, gulung hingga memanjang. Kemudian potong adonan tersebut menjadi beberapa bagian. Ambil satu bagian adonan dan gulung kembali. Tutup adonan boba yang belum dibentuk lainnya dengan plastik agar tidak kering.

6. Potong kembali bagian adonan yang sudah di gulung dengan ukuran boba pada umumnya. Setelah itu, bulatkan satu per satu potongan boba tersebut. Lakukan hal yang sama untuk semua adonan hingga selesai.

7. Letakkan semua adonan boba yang sudah dibulatkan ke dalam wadah yang telah terisi sedikit tepung tapioka dan ayak adonan hingga terlapisi tepung tapioka.

8. Selanjutnya, didihkan air untuk merebus boba. Sembari menunggu air mendidih, ayak boba menggunakan saringan agar tidak terlalu banyak tepung yang menempel di adonan boba.

9. Setelah air mendidih, masukkan semua adonan boba dan aduk agar tidak saling menempel. Tunggu air hingga mendidih kembali dan boba terapung. Setelah itu, lanjutkan masak hingga air mulai menyusut dan kental sekitar 25 menit dengan api sedang.

10. Setelah selesai, matikan kompor dan biarkan hingga 15 menit dengan kondisi panci tertutup. Jika sudah 15 menit, buka tutup panci dan aduk sebentar. Saring boba agar terpisah dengan air kental rebusannya. Balikkan dengan spatula agar lebih cepat.

11. Selanjutnya, masukkan boba ke dalam air dingin. Aduk boba dan kemudian saring kembali. Setelah selesai, simpan boba dalam wadah.

12. Langkah berikutnya adalah membuat saus boba. Siapkan teflon dan masukkan 100 gram gula pasir, 100 gram gula merah, serta 200 ml air. Masak hingga gula larut. Setelah larut, matikan kompor dahulu dan saring air gulanya. Nyalakan kompor kembali dengan api kecil dan masukkan air gula yang sudah disaring beserta semua boba.

13. Aduk dan masak hingga air gula menyusut hingga setengah. Setelah selesai, angkat teflon dan boba rumahan sederhana sudah dapat dinikmati.

AYO BACA : Resep Boba Milk Tea, Cocok Segarkan Buka Puasa