Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Latih Ibu-ibu Bikin Handsanitizer Bahan Alami. (dok)

AYOSEMARANG.COM -- Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (UIN Walisongo), Ilma Nuriana mengadakan penyuluhan penyanitasi tangan atau istilahnya hand sanitizer berbahan alami dari daun serai. 

Inovasi ini dibuat dalam rangka KKN Reguler dari rumah untuk penanganan covid-19 di Kelurahan Ngesrep, Kecamatan Banyumanik, Semarang Jawa Tengah. 

Ilma pun mengungkapkan bahwa pembuatan hand sanitizer alami ini sangatlah praktis dan mudah. 

“Saya memanfaatkan daun serai itu sendiri karena di dapur setiap rumah warga pasti memiliki dan memiliki kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, geraniol dan sitronelal sebagai pengganti alkohol,” kata Ilma, Minggu (22/11/2020).

Dalam penyuluhan pembuatan hand sanitizer alami ini, Ilma mengajak para ibu-ibu rumah tangga untuk berpartisipasi dalam pembuatan hand sanitizer alami ini. Salah satunya Ibu Wiwit Ratnawati selaku ketua RW 5 di Kelurahan Ngesrep. 
\n“Alhamdulillah saya bisa menggunakan daun serai sebagai pengganti alcohol untuk hand sanitizer dan saya mengapresiasikan atas penyuluhan pembuatan hand sanitizer alami ini kepada beberapa ibu-ibu” tuturnya.

Pembuatan hand sanitizer ini pun terbilang cukup mudah dan praktis. Pertama-tama, daun serai di potong kecil-kecil dan batang serai di geprek supaya mengeluarkan aroma, kemudian direbus selama 15 menit. Setelah 15 menit di angkat dan didinginkan terlebih dahulu, setalah dingin baru bisa dimasukkan ke wadah yang telah di siapkan. 

Selain itu, ilma pun membuat video tutorial baagaimana pembuatan hand sanitizer dengan daun serai ini dan dibagikan ke grup whatsapp warga dan menguploadnya ke social media agar para warga dan netizen pun bisa membuatnya dan menghemat uang untuk membeli hand sanitizer berbahan alkohol. 

Hand sanitizer alami daun serai ini pun bisa menjadi ladang penghasilan untuk para warga yang terdampak covid-19. Sehingga warga bisa membelinya dengan harga yang lebih miring dengan kualitas sama dengan hand sanitizer lainnya.

Penulis: Ilma Nuriana Mahasiswa KKN 75 UIN Walisongo 

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.