Kabid Pariwisata Kota Tegal Maman Suherman saat memberikan arahan kepada sejumlah petugas di dermaga apung PAI Tegal. (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL, AYOSEMARANG.COM -- Keberadaan wahana dermaga apung di Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Tegal memberikan warna baru untuk sektor pariwisata di Kota Tegal.

Sebab, dermaga apung sepanjang 90 meter itu kali pertamanya ada di Kota Tegal. Hal itu tentu membuat rasa penasaran masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya.

Benar saja, keberadaan wahana baru tersebut berhasil menarik banyak wisatawan. Pengunjung beramai-ramai menaiki dermaga apung meski belum resmi dibuka.

AYO BACA :Sensasi Dermaga Apung PAI Tegal Jadi Destinasi Baru, Sudah Terpasang 40 Meter

Untuk menjaga keamanan dan keaelamatan wisatawan, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal, menyiagakan petugas jaga di dermaga apung.

Kabid Pariwisata Disporapar Kota Tegal, Maman Suherman mengatakan, ada delapan petugas yang akan memantau keamanan dan keselamatan pengunjung di dermaga apung PAI Tegal. 

"Petugas jaga tersebut nantinya akan mendampingi para pengunjung yang menaiki dermaga apung. Sehingga pengunjung tetap aman dan selamat," katanya, Rabu (25/11/2020).

AYO BACA :Sempat Buron, 2 Staf Khusus Menteri Edhy Prabowo Menyerahkan Diri

Selain itu, pihaknya juga kan membatasi jumlah pengunjung yang akan menaiki dermaga apung, yakni dibatasi maksimal 100 orang. 

"Untuk keamanan juga kita batasi 100 orang. Kalau penuh, nanti akan diberi waktu 15 menit untuk bergantian," jelasnya.

Menurutnya, sensasi dermaga apung bisa dirasakan apabila didukung dengan adanya gelombang air laut atau ombak. Meski begitu, pengunjung juga harus selalu berhati-hati, utamanya anak-anak dan lansia.

"Keliatannya asik, tapi harus tetap hati-hati dengan ombak besar yang sewaktu-waktu bisa datang," ucapnya. 

AYO BACA :Dermaga Apung Siap Manjakan Pengunjung PAI Tegal Awal November