jalan-jendral-sudirman-salatiga.jpg
Jalan Jendral Sudirman Salatiga (scientiarum.com)

SALATIGA, AYOSEMARANG.COM -- Pemerintah Kota Salatiga berencana akan melakukan penaataan wilayah di Jalan Jendral Sudirman di tahun 2022. Saat ini kawasan sekitar Jalan tersebut memang menjadi perhatian tersendiri Pemkot Salatiga.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan, rencana penataan tersebut usai Kota Salatiga mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat sebesar 90 Miliar.

AYO BACA :Tukang Sapu Jalanan Wadul ke Wali Kota Salatiga Soal Sampah Plastik

"Bantuan tersebut diperoleh berdasar Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak - Grobogan," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Ayosemarang, Jumat (27/11/2020).

Adapun fokus rencana penataan kawasan Jalan Jendral Sudirman meliputi jalan, pedestrian, kantong parkir, dan tata bangunan. Pihaknya berharap, tidak ada lagi kendaraan yang parkir di bahu Jalan Jendral Sudirman, lantaran ketersedian lahan parkir, semua kendaraan masuk kantong parkir.

AYO BACA :KH Miftachul Akhyar Jabat Ketua Umum MUI Periode 2020-2025

"Jalan Jendral Sudirman adalah wajah kota yang juga merupakan sentra ekonomi. Selama ini kan wajah tersebut tidak bisa diubah karena membutuhkan anggaran yang cukup besar, APBD Salatiga kewalahan. Harapannya dengan bantuan pemerintah pusat ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi kesemrawutan serta menata Jalan Jendral Sudirman," ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Salatiga Muh Nurhidayat mendukung rencana Pemkot Salatiga dalam  penataan Jalan Jendral Sudirman. Meski demikian pihaknya meminta agar proses sosialisasi ke masyarakat dilakukan dengan menyeluruh.

"Sosialisasi secara menyeluruh, terutama pedagang harus dapat informasi yang utuh. Karena Jalan Jendral Sudirman ini adalah jalur utama dan pusat ekonomi yang memang harus diperhatikan," Katanya.

AYO BACA :Rest Area KM 456 Salatiga Tawarkan Keindahan Alam dan UKM Unggulan