64632-gedung-widya-puraya-rektorat-undip.jpg
Gedung Widya Puraya Rektorat Undip.(Suara.com/istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Universitas Diponegoro (Undip) akan melakukan investigai IT terkait dugaan peretasan data mahasiswa. Hal itu menindaklanjuti kabar 125 ribu data mahasiswa Undip yang bocor.

Kabar data mahasiswa Undip bocor muncul setelah seorang warganet di akun Twitter @fannhasbi memposting sebuah gambar yang di dalamnya terdapat data penting.

Data tersebut berisi nama, alamat, jalur masuk, email, username, pasword, IPK, riwayat sekolah, beasiswa dan beberapa data penting lainnya.

AYO BACA :Selain Mencari Ilmu, SMP Islam Hidayatullah Support Siswa Hafal Al Quran

Menanggapi hal itu, Plt. Wakil Rektor 3 Bidang Komunikasi dan Bisnis, Dwi Cahyo Utomo mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan validitas informasi yang mengatakan data mahasiswa Undip bocor.

Sampai saat ini data yang ada di server Undip masih aman dan berjalan seperti biasa, jelasnya kepada awak media melalui video conference, Rabu (06/01/2021).

Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan investigasi IT untuk memperoleh jejak digital untuk memastikan data tersebut memang dari Undip atau bukan. Pihaknya telah mengambil sampling data mahasiswa yang ada di akun @fannhasbi, beberapa data ada tak cocok.

AYO BACA :Tak Ada Pembukaan CPNS Guru 2021, P2G: Prank Tahun Baru

Kita telah mengambil sampling data dan beberapa ada yang tak cocok, ucapnya.

Selain itu, dia juga mewaspadai jika data-data tersebut adalah pancingan agar server Undip terbuka. Untuk itu, pihaknya berhati-hati untuk investigasi kejahatan cyber crime yang dialami Undip saat ini.

Kita langsung investigasi, Jangan-jangan menjadi pancingan kemudian masuk ke sistem kami, imbuhnya.

Dia memastikan, jika saat ini data mahasiswa yang ada di server Undip masih aman. Pihaknya sudah melakukan mitigasi secara otomatis bagi akun-akun yang rentan diretas. Jika terbukti, pihaknya tak akan segan memproses secara hukum.

Kita sudah ada sistem mitigasi secara otomatis. Terimkaaih para alumni yang sudah mengingatkan untuk mengganti pasword, imbuhnya.

AYO BACA :Cara Cek Kuota, Persyaratan, hingga Pelaksanaan SNMPTN 2021