15ajoko_upgris.jpg
Joko Sulianto mendapat ucapan selamat dari Rektor UPGRIS Muhdi, usai meraih gelar doktor. (istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS)  Joko Sulianto MPd  sukses ujian promosi doktor di Universitas Sebelas Maret (UNS), Jumat (15/1/2021) melalui aplikasi Zoom.

Disertasi yang berjudul Pengembangan  Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Pendekatan Open-ended  untuk Meningkatkan Penalaran Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar mengantarkan Joko raih gelar doktor ilmu pendidikan. 

Prof. Dr. Sunardi, M.Sc., (Promotor) Prof. Dr. Sri Anitah, M.Pd., (Kopromotor I) Prof. Drs. Gunarhadi., MA., Ph.D. (Kopromotor II) merupakan pembimbing Joko Sulianto selama belajar di Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS.

AYO BACA :UPGRIS Tanam Ratusan Mangrove Bareng Puteri Indonesia

Joko melakukan penelitian pengembangan model advance organizer berbasis pendekatan open-ended mengacu pada prosedur penelitian dari Borg, Gall, & Gall yang terdiri atas tahap pendahuluan, pengembangan, dan pengujian.

Tahap pendahuluan dilaksanakan untuk mendapatkan deskripsi tentang permasalahan pembelajaran dan kebutuhan akan pengembangan model, merancang prototipe model advance organizer berbasis pendekatan open-ended  pada siswa sekolah dasar. 

Joko menjelaskan bahwa tujuan penelitian ini menghasilkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan penalaran siswa pada pelajaran matematika di sekolah dasar. 

AYO BACA :Mahasiswa KMP UPGRIS Ajarkan Numerasi dengan Media Parkli di Masa Pandemi

“Tahap pertama mendeskripsikan hasil analisis proses pelaksanaan pembelajaran matematika yang berlangsung di sekolah dasar. Tahap kedua mendeskripsikan model pembelajaran advance organizer berbasis pendekatan open-ended yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa di sekolah dasar. Tahap ketiga menguji keefektifan model advance organizer berbasis pendekatan open-ended yang dapat meningkatkan penalaran siswa pada pelajaran matematika di sekolah dasar,” tutur Joko. 

Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum menyampaikan bangga dengan banyaknya dosen UPGRIS yang telah menyelesiakan ujian doktor di tengah pandemi Covid 19.

“Upaya ini merupakan bentuk kesungguhan UPGRIS dalam mendukung kualitas akademik bagi para dosen. Joko Sulianto merupakan doktor ke 86 di Universitas PGRI Semarang. Semoga dengan berhasilnya Joko Sulianto meraih gelar doktor memberi semangat serta pengalaman baru di kampus untuk terus berkarya,” imbuh Muhdi.

Kegiatan penelitian dan pengembangan model advance organizer berbasis pendekatan open-ended telah menghasilkan hal penting yaitu keterampilan penalaran siswa dapat ditingkatkan dengan model advance organizer berbasis pendekatan open-ended hal ini memberikan implikasi pada penyediaan suplemen buku siswa matematika untuk kelas empat yang didesain dengan open-ended problem. 

Implikasi dalam pembelajaran bahwa keterampilan penalaran tidak dapat ditingkatkan dengan mudah, perlu dilakukan berulang-ulang dalam pembelajaran sehingga menjadi pembiasaan, perubahan paradigma berpikir dari pengetahuan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, pola pembelajaran interaktif, pola pembelajaran aktif mencari, pola pembelajaran dengan menyajikan permasalahan terbuka. Joko merupakan doktor ke 74 di program studi S3 FKIP Ilmu Pendidikan dan Doktor ke 692 di UNS.

AYO BACA :Flakes Bikin Tim Teknologi Pangan UPGRIS Sabet Juara 3 Agrifest