mahasiswa-magang-lbh-rupadi.jpg
Pelepasan mahasiswa magang di LBH Rupadi (LBH Rupadu)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Dalam sebulan menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Lembaga Bantuan Hukum Rumah Pejuang Keadilan Indonesia (LBH Rupadi) 3 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Wahid Hasyim (FH Unwahas) mendapatkan sejumlah pengalaman berharga.

Adapun saat menjalani PKL, mereka dilatih berbagai materi tentang dunia advokat. Seperti mengulas perkara pidana, perdata, niaga, agama, hubungan industrial, hingga tata usaha negara. Selama magang mereka didampingi tujuh mentor dari anggota LBH Rupadi.

AYO BACA :Nyaris Satu Juta Warga Jateng Jadi Korban Pelanggaran HAM Tahun 2020

Plh Presiden LBH Rupadi, Marsudi mengatakan, para mahasiswa Unwahas tersebut juga diberika pengalaman dalam hal public speaking, pelatihan menulis rilis berita, cara melakukan pendampingan klien, penanganan perkara ketenagakerjaan dan pantauan sidang pengadilan.

"Praktek kerja lapangan bisa membuat mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah, dengan dunia praktek, khususnya di dunia advokat," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Ayosemarang, Jumat (15/1/2021).

AYO BACA :Tepergok Pesta Usai Divaksin, Raffi Ahmad Digugat ke Pengadilan

Dirinya pun berharap kerjasama magang mahasiswa dari berbagai kampus bisa bertambah kedepannya. Menurutnya, kehadiran mahasiswa PKL juga bisa mengoptimalkan ilmu yang didapat mahasiswa dari bangku kuliah. Dengan begitu mereka akan lebih berpengalaman dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Dosen pendamping lapangan dari Unwahas, Aditya Putro Prakoso, menerangkan, kegiatan Magang merupakan bagian dari kurikulum yang wajib ditempuh seluruh mahasiswa.

"Tujuannya untuk latihan para mahasiswa dalam mempraktekkan ilmunya selama ini di bangku kuliah yang kebanyakan teori. Sehingga melalui PKL mahasiswa bisa langsung mempraktekkan di lapangan," ucapnya.

Saat ini, lanjutnya, ada sekitar 20 mahasiswa di terjunkan dalam program PKL. Twrkait tempat maganh, mereka ada yang mencari sendiri tempat magangnya, yang mana 1 dosen pengampu mendampingi 12 mahasiswa dalam proses PKLnya.

 

AYO BACA :LBH Rupadi Berikan Konsultasi Bantuan Hukum Gratis ke Masyarakat Tak Mampu