sisi-mistis-barang-antik.jpg
Juli Hartono, salah satu Pasar Barang Antik Kota Lama Semarang saat menunjukkan Tea Set (Ayosemarang.com/Vedyana)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Selain memiliki ciri khas dan nilai seni tinggi, ternyata barang antik ada beberapa yang ditemui mempunyai sisi mistisnya.

Hal tersebut disampaikan Juli Hartono, salah seorang pedagang antikan di Pasar Barang Antik Kota Lama Semarang. Dirinya hanya berfikir thinking untuk menjual barang antik saja.

"Ya memang biasanya ada beberapa barang yang ada sisi mistisnya mas, tapi kita kan nggak berfikir kearah situ. Ya pokoknya kita berfikir positif saja jualan, gitu aja," ujarnya, Sabtu (16/1/2021).

Juli menerangkan, terkadang benda-benda antik yang memiliki sisi mistis itu seperti keris, almari, ranjang tempat tidur.

AYO BACA :Barang Antik Jenis Keramik dan Lampu Hias Banyak Diminati

"Ya seperti keris, almari pakaian juga biasanya ada. Biasanya lho ya, bukan patokan. Tapi kalau keris itu nilai jualnya bukan di situ, tapi pamornya dan ada nggak sejarahnya," imbuhnya.

Terkait pamor keris, Pamor emas menurut Juli adalah yang paling mahal.

"Kalau keris biasa itu harganya sekitar Rp2 juta - Rp3 juta. Tapi kalau ada sejarahnya dan pamornya bagus, pasti mahal. Bahkan tak bisa dipatok harganya harus sekian itu nggak. Kalau cocok, bayar, gitu aja," katanya.

Untuk barang yang kerap dicari pembeli, Juli menyebutkan, barang jenis keramik dan lampu hias banyak dibeli pembeli di Pasar Antikan Kota Lama.

AYO BACA :Gejala-gejala Alami Diabetes, Termasuk Sering Lelah Siang Hari

"Biasanya yang beli banyak dari kaum hawa mas. Buat pajangan hiasan gitu di rumah. Contohnya piring hias, tea set yang di dalamnya ada teko, gelas, tatakan gelas, tempat gula," ucapnya.

Untuk harga tea set, tergantung dari tahun pembuatanya dan tempat pembuatannya. Menurutnya ada beberapa tempat pembuatan tea set yang dirinya ketahui.

"Contohnya ada yang dari Eropa. Kalau yang Eropa sekitar Rp600.000 - Rp700.000 harganya mas," katanya.

 

 

AYO BACA :Pandemi, Omzet Pedagang Barang Antik Kota Lama Turun