rektor_uin_walisongo.jpeg
Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. (dok humas)

NGALIYAN, AYOSEMARANG.COM -- UIN Walisongo Semarang meresmikan 8 gedung baru Program The Support to Development of the Islamic Higher Education Project, sebuah mega proyek pengembangan Pendidikan tinggi Islam dari Islamic Development Bank (IsDB), Rabu (20/01/2020). Program dari IsDB tersebut dikonsep untuk memperkuat visi UIN Walisongo Semarang menuju Universitas Islam Riset Terdepan Berbasis Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban pada 2038.
 
“Dengan adanya program ini maka peningkatan akses, kualitas dan manajemen project di UIN Walisongo Semarang akan dapat berjalan dengan baik menuju visi kami di tahun 2038 nanti,” kata Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag dalam keterangan tertulisnya.

Delapan gedung baru dengan total luas area 26.400 m2 yang ditunjang dengan kelengkapan fasilitas Laboratorium, Planetarium, Observatorium, Perpustakaan, dan infrastruktur Teknologi Informasi telah selesai pengerjaan proyek dan siap digunakan untuk kegiatan akademik di tahun 2021 ini.

AYO BACA :Habis Nataru, 412 Dosen dan Tendik Unika Jalani Tes Rapid Antigen

“Dalam perjalanannya Program ini telah berdampak signifikan dalam hal peningkatan mutu akademik. Kami berterima kasih kepada IsDB, Bapennas, Kementerian Agama dan seluruh pihak yang terlibat dalam program ini.” Tambah Prof Imam. 

Secara virtual, Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas memberikan sambutan sekaligus meresmikan gedung baru ini. Menag menyampaikan harapan besarnya mengenai pengembangan UIN Walisongo Semarang kedepan, menurutnya dengan adanya fasilitas baru ini UIN Walisongo berpotensi menjadi salah satu role model perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Agama

AYO BACA :Sejumlah Negara Berusaha Bobol Server Undip

“Dengan adanya gedung baru ini, saya berharap UIN Walisongo Semarang dapat menjadi tempat terbaik untuk melakukan kolaborasi dan sinergis serta tampil menjadi Perguruan Tinggi modern dan model PTKIN lain di Indonesia,” harap Menteri Agama.

Mr. Salah Jelassi, the Head of the IsDB Regional Hub Indonesia turut menyampaikan selamat atas peresmian. Hadir secara daring, ia berharap agar operasionalisasi fasilitas baru dapat berdampak besar pada pembangunan Human Index di Indonesia, terutama di perguruan tinggi Islam.

“Pengembangan Pendidikan tinggi di Perguruan tinggi Islam terus kami dorong untuk dapat menyumbang kontribusi besar dalam peningkatan Human Index, semoga peningkatan ekonomi dan lingkungan sosial dapat terus mengalami peningkatan berkelanjutan sejalan dengan kemajuan perguruan tinggi Islam,” jelas Mr. Salah.

AYO BACA :Komika Hendi Pratama Jadi Wakil Rektor Unnes