pendidikan-islam.jpg
Ilustrasi, pendidikan Islam (nurulihsan.ponpes.id)

AYOSEMARANG.COM -- Pendidikan Islam adalah upaya yang dilakukan untuk mengembangkan potensi-potensi manusia agar dapat terbetuk seorang muslim yang baik. Tujuan Pendidikan Islam ini adaah untuk mendidik, mengarahkan dan membimbing seseorang untuk dapat memahami dan mempelajari apa itu ajaran agama islam. Di negara Indonesia sendiri adalah negara dengan penduduk yang mayoritas beragama islam, maka dari itu penting bagi kita untuk mengembangkan dan mempelajari Pendidikan Islam yang kedepannya bisa berguna untuk bangsa, negara, dan diri kita sendiri.

Dalam Pendidikan Islam sendiri kita sebagai warga negara diajarkan untuk selalu saling menghormati pemeluk agama yag berbeda-beda, kerukunan dan toleransi antar agama, dan juga dalam hal kesatuan dan persatuan nasional. Salah satu tugas utama dalam Pendidikan Islam adalah pendidikan agama dapat memberikan peserta didik suatu kecakapan hidup yang berupa suatu kemampuan yang dapat digunakannya untuk menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupannya di tengah realitas masyarakat yang plural ini. Untuk mewujudkan Pendidikan Agama Islam ini kita harus bisa mengapresiasikan “upaya-memahami” sebagai inti dari kegiatan pembelajaran. Toleransi, kerjasama, simpati dan empati adalah contoh yang dimiliki oleh subyek yang dapat memahami. Adapun adanya kekerasan dalam pendidikan seperti, suatu penghakiman yang sepihak dan memonopoli suatu kebenaran dapat menyebabkan rendahkan upaya-memahami dalam kegiatan edukasi.

Pendidikan Islam sendiri juga diharapkan oleh umat islam agar mampu menjadi penerang dari kebingungan dan kegelapan dalam kehiupan manusia saat ini. Pada hakikatnya manusia adalah makhluk yag harus di didik dan dapat pula mendidik. Oleh karena itu hendaknya kita sebagai umat manusia dan seorang muslim dapat mengembangkan dan mempelajari Pendidikan Islam itu sendiri, karena manusia sendiri menempati kedudukan khusus dala alam semesta ini. Semua orang pasti akan merasakan apa itu pendidikan. Entah itu pedidikan yang formal maupun non formal, karena pendidikan adalah keharusan sebagai manusia. Karena manusia tanpa pendidikan tidak akan dilihat dan kita sendiri yag akan rugi, dalam islam sendiri memuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim, maka dari itu hendaklah kita sebagai muslim dapat menutut ilmu dengan baik dan sesuai dengan apa yang di ajarkan dalam Al-Qur’an ataupun edukasi yag ada.
    
Adapun manfaat-manfaat Pendidikan Islam sendiri untuk masa depan, yaitu dapat menambah atau memperluas pengetahuan kita mengenai Allah dan ciptaan-Nya, dalam ilmu agama atau ilmu umum juga dapat menguatkan dan menambah keimanan para peserta didik dalam menanamkan ilmu ajaran islam dan dapat secara langsung mempraktekkan keislaman dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengkaji Al-Qur’an dan As-Sunnah, mempelajari dan mengembangkan apa saja yang dikaji dalam kehidupannya, dan masih banyak lagi.
    
Pendidikan Islam sendiri di harapkan dapat membantu dan mengatasi peserta didik dalam mengembangkan potensi mereka agar dapat menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara, serta menjadikan mereka menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama dan diri sendiri.

Penulis: Wilaicha Fatihatul Anggraini/Mahsiswa Filsafat Pendidikan Islam UIN Semarang

       

 

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.