menghilangkan-ketombe-alami.jpg
Ilustrasi, cara-cara alami yang bisa menghilangkan ketombe. (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Masalah ketombe pada rambut sangat mengganggu aktivitas keseharian. Tak hanya gatal, ketombe bikin sebagian besar orang merasa risih dan tidak percaya diri.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada cara-cara alami yang bisa menghilangkan ketombe. Salah satunya dengan cara memanfaatkan bawang putih.

Bawang putih ini memiliki kandungan antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan, sehingga kandungan ini bisa mengobati masalah kulit dan ketombe Anda.

Mengutip dari Healthshots, bawang putih dengan sumber allicin, antijamur, dan sifat anti-kandida, dapat menyembuhkan ketombe.

AYO BACA :4 Cara Praktis Hilangkan Ketombe, Yuk Praktekkan!

Tak hanya itu, bawang putih merupakan sumber vitamin A dan C, juga sumber sulfur, serat, magnesium, selenium, germanium, dan asam amino.

Selain itu, bawang putih memiliki kandungan yang lain, yakni zat besi, tembaga, seng, fosfor, dan kalsium.

Biasanya, bawang putih dimasak untuk bumbu penyedap rasa. Tapi untuk perawatan rambut, disarankan Anda untuk mengunyahnya. Mengunyah bawang putih diyakini dapat membantu meredakan ketombe.

Walaupun bawang putih bisa dimakan mentah, Anda bisa memasak bawang putih dengan mencampur makanan kesukaan Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi bakteri sekaligus jamur penyebab ketombe.

AYO BACA :Diskon Besar-besaran Kawasaki Z250, Harganya Jadi Rp56,9 Juta

Jika ingin melakukan cara lain, Anda bisa manfaatkan bawang putih ini dalam bentuk masker rambut, yakni dicampur dengan madu. Berikut caranya, siapkan 4-5 potongan bawang putih, dan tambahkan 2 sendok makan madu

Cara penggunaannya, campurkan potongan bawa.ng putih dengan dua sendok makan madu. Lalu campurkan bahan tersebut di kepala Anda, dan pijat selama sepuluh menit. Setelah itu, diamkan selama dua puluh menit sebelum dibilas.

Jika ingin tambahkan lidah buaya, berikut caranya, yakni siapkan 3 sendok makan bawang putih dan 2 sendok makan gel lidah buaya

Cara penggunaannya: campur kedua bahan ini lalu oleskan pada kulit kepala Anda selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas rambut Anda dengan sampo kemasan.

Jika ingin tambahkan sari apel, berikut caranya, 2 sendok makan bawang putih dan 1 sendok makan cuka apel.

Cara penggunaannya: campur cuka sari apel dan bawang putih ke dalam mangkuk, dan tambahkan air sedikit dan haluskan. Setelah itu, oleskan bahan ini di kepala selama 20 menit sebelum dibilas.

AYO BACA :Coba 3 Bahan Rumahan Ini Atasi Ketombe Bandel