jasa_penukaran_uang2.jpg
Dikarenakan ada larangan mudik, para penukar uang di Jalan Pahlawan mengalami penurunan pelanggan. Namun ada juga yang masih optimistis akan ramai pada H-3 lebaran. (AYOSEMARANG.COM/ Audrian Firhannusa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM  -- 2021 ini adalah tahun kedua secara resmi Pemerintah melarang mudik karena pandemi Covid-19 belum beres.

Hal ini tentu membawa dampak di banyak sektor, termasuk bagi jasa para penukar uang di Jalan Pahlawan Kota Semarang.

Biasanya dulu jika kondisi sebelum pandemi, pelanggan penukar uang cukup banyak. Itulah kenapa meskipun hanya muncul saat mendekati lebaran, profesi ini cukup digandrungi. Tidak heran jasa penukar uang sering memenuhi pinggiran Jalan Pahlawan.

AYO BACA :Muncul Jelang Lebaran, Jasa Penukar Uang Jalanan Hasilkan Omzet Jutaan Rupiah

Didik Darmawan salah seorang jasa penukar uang mengungkapkan jika tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Bahkan dia menilai lebih sepi dari tahun lalu saat pandemi sudah melanda.

“Sulit ini kayaknya. Biasanya yang tukang tukar rame ini tidak,” katanya,Selasa 4 Mei 2021.

Kata Didik salah satu hal yang paling membuat pelanggannya sepi adalah larangan mudik. Pasalnya saat belum ada larangan mudik dulu, pelanggannya juga banyak dari luar kota.

AYO BACA :Gelar Aksi Teatrikal, Jaringan Perempuan dan Anak Tuntut Anggota Komisi Informasi Jateng Dipecat karena KDRT

“Biasanya yang tukar itu dari Jakarta atau luar kota. Biasanya mereka lewat di Pahlawan sambil tukar uang. Sekarang yang tukar orang luar kota saja,” ujarnya.

Sama halnya dengan Didik, salah seorang jasa penukar uang lain yaitu Hartini juga berkata jika tahun ini sepi. Sebab setelah tiga hari mangkal, hasilnya belum seberapa.

“Tidak tahu ini. Mungkin duit orang sudah tidak banyak kayak dulu,” ungkapnya.

Namun bukan berarti Hartini sepenuhnya pesimistis. Selama 9 tahun menjadi penukar uang, dia optimistis mendekati hari-hari lebaran nanti pelanggannya akan naik.

“Biasanya H-3 ramai,” pungkasnya.

AYO BACA :Satpol PP Semarang Bakal Tutup Mal Jika Timbulkan Kerumunan