img-20210506-wa0009.jpg
Warga Binaan Pemasyaraakatan Rumah Tahanan Klas IIB Batang ikuti kegiatan tadarus Al Wuran si Masjid At-Taubah Rutan, Kamis 6 Mei 2021. (dok)

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Di Bulan Ramadan, Rumah Tahanan Klas IIB Batang memberi kesempatan lebih kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)untuk meningkatkan ibadah.

Kesempatan itu dimanfaatkan WBP dengan tadarus yang dipusatkan di  Masjid At-Taubah Rutan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Selain di masjid, tadarus juga dilaksanakan dikamar masing-masing WBP, secara mandiri dan rutin setiap hari baik pagi siang maupun sore selama bulan puasa.

AYO BACA :Bupati Wihaji Siap Rampingkan Jabatan Birokrasi di Pemkab Batang

Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana menjelaskan, pihaknya sengaja memfasilitasi WBP khususnya santri untuk melaksanakan tadarus selama bulan Ramadan.

“Hal tersebut selain untuk meningkatkan ketaqwaan juga untuk meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban. Selama pandemi pengajar dimaksimalkan diambil dari WBP santri senior yang sudah dianggap mampu untuk mengajari sesama WBP,” kata Rindra saat ditemui di Rutan Batang, Kamis 6 Mei 2021. 

Sebelum pandemi Ponpes Darut Taubah Rutan Batang diampu oleh tenaga dari Kemenag Kabupaten Batang dan juga kami bekerjasama dengan Ponpes Al-Ikhsan Batang, namun karena pandemi kami memaksimalkan potensi dari santri sendiri yang sudah memiliki kemampuan untuk mengajarkan sesama temannya.

AYO BACA :Rob Jadi Masalah Warga Kelurahan Karangasem Utara, Bupati Batang: Masih dalam Kajian Tim Ahli

Ia menambahkan, pembinaan keagamaan yang diselenggarakan pihaknya dinilai berhasil terbukti banyak WBP yang awalnya tidak bisa membaca Al-Quran menjadi lancar membaca Al-Quran. Ada juga WBP yang sudah banyak hafalan Al-Qurannya.

“WBP yang memiliki kemampuan kami dukung baik itu kemampuan dalam hafalan Al-Quran maupun keterampilan lain,” ujar dia.

Tercatat ada 75 WBP yang mengikuti program pondok pesantren. Mereka ditempatkan diblok khusus santri, kegiatan belajar mengajar juga dipusatkan di blok santri yang sudah difasilitasi dengan ruangan gazebo yang bisa dimanfaatkan unutuk kegiatan ponpes juga salat jamaah termasuk salat tarawih selama bulan puasa.

Rindra berharap, momentum bulan ramadan dapat mengubah WBP menjadi lebih baik, menyadari kesalahannya serta memperbaikinya dan tidak mengulangi tindak kejahatan.

AYO BACA :Tim Gabungan Gelar Tes Rapid Antigen Drive Thru di Rest Area Tol Batang-Semarang