roti-bakar-arang-kendal.jpg
Roti bakar pelangi benar-benar dibakar di atas arang bukan dipanggang atau digoreng. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Terinspirasi untuk membuat roti bakar yang sesungguhnya dibakar, sebuah gerai roti bakar di Kendal menawarkan roti bakar yang memang dibakar menggunakan arang. 

Uniknya arang yang digunakan adalah arang briket, selain tidak menimbulkan asap dan ramah lingkungan, cara tersebut membuat tampilan roti bakar lebih resik dan kualitas rasanya tetap terjaga. Toping yang diberikan juga beraneka macam dan yang menjadi favorit adalah roti bakar pelangi yang berisi bermacam selai warna-warni.

Roti bakar kini tak melulu berupa roti yang dipanggang  dan diberi topping berupa coklat dan bahan kekinian. Jajanan roti bakar sudah banyak diinovasikan dengan berbagai kreasi, mulai dari cara penyajian, isian hingga topping.

Keunikan dari roti bakar tenanan ini adalah  cara pembakarannya yang menggunakan arang briket,  sehingga tidak berasap, lebih awet dan panas. Dan roti bakar yang dihasilkan pun mempunyai kualitas rasa yang tetap terjaga meskipun sudah masuk ke lemari pendingin.

AYO BACA :Maknyus! Kedai di Kendal Sajikan Masakan Laut dengan Saus Pawon

Perpaduan tekstur kering renyah dipermukaan dan tepian, juga lembut kenyal dibagian dalam memang jadi andalan, ciri khas yang banyak membuat penikmat kuliner jatuh cinta pada gigitan pertama tak sedikit bahkan yang akhirnya memutuskan jadi penggemar setia.

Seperti Pupuy Chiwa misalnya,  remaja dari kota santri ini seringkali menghabiskan sore hari bersama teman-temannya berkunjung ke gerai roti bakar arang. 

“Rasa roti bakar pelangi mempunyai rasa beraneka buah,  roti yang bakar dengan arang menambah kenikmatan sendiri karena tidak berminyak,” katanya.

Ardi Anugrah Utama, pemilik gerai menjelaskan bahwa roti bakar arang miliknya adalah yang pertama di Kendal. Ia  menawarkan berbagai macam roti bakar yang unik, anti mainstream dan pastinya berbeda dari tempat lainnya. 

AYO BACA :Kurangi Pemakaian handphone, Orang Tua Bisa Kenalkan Dolanan Tradisional pada Anak

“Untuk menu roti bakar arang pelangi sebelum dibakar roti diberi olesan mentega pada bagian dalam kedua roti,  lalu diberi keju mozarella yang sudah diwarnai dan susu kental manis. Baru kemudian dibakar di atas arang briket hingga matang,” jelasnya.

Setelah mengeluarkan aroma yang harum dan kecoklatan kemudian bagian atas dan bawah roti dipotong dengan hati-hati agar keju mozarella di dalamnya tidak ikut terpotong, sehingga ketika roti ditarik menimbulkan kesan warna pelangi yang cantik dan nikmat.

Meski omset perbulan yang diperoleh Ardi sempat menurun hingga 30% dampak pandemi Covid-19, namun kini berangsur membaik dan naik dengan total berkisar Rp6 juta per bulannya. 

“Alhamdulillah meski turun karena pandemi namun banyak yang suka dengan roti bakar arang ini. Kita buka dua cabang di kebondalem dan Patebon,” imbuhnya.

Untuk ikut mencicip sensasi hangat roti bakar arang nan nikmat, gerai roti bakar arang tenanan ini buka mulai pukul 14.30 WIB  sampai pukul 21.30 WIB.  Harga yang ditawarkan untuk menikmati berbagai varian menu roti bakar arang ini pun tak menguras isi dompet, hanya berkisar Rp15.000 hingga Rp25.000 per porsi.

AYO BACA :Unik, Lunpia Khas Kendal Isi Rebung dan Ikan Bandeng