dishub_kudus.jpg
Tim Dosen USM berikan Pelatihan VISSIM ke pegawai Dishub Pati (dok)

SEMARAMGTIMUR, AYOSEMARANG.COM -- Sebagai bentuk kegiatan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat, Tim Dosen Teknik Sipil Universitas Semarang (USM) menggelar pelatihan program VISSIM dasar bagi pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Pati.

Adapun tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari beberapa dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik USM yakni Iin Irawati ST MMMT, Ir Diah Setyati Budiningrum  MT, Faizal Mahmud ST MT dan dibantu oleh dua mahasiswa Teknik Sipil USM, Rexy Mahendra Ramadhani dan Arman Ma’arrif).

AYO BACA :Kelas Prestasi, Komunitas Pembawa Harapan bagi Pendidikan di Bengkulu

Iin Irawati mengatakan, dalam dunia proyek, VISSIM dapat digunakan untuk memecahkan berbagai permasalahan transportasi yang berskala mikro, sehingga dapat merujuk pada rekomendasi teknik yang sesuai dengan kondisi lapangan.

“Kegiatan pelatihan meliputi pengenalan program, pembelajaran konsep pemodelan simulasi lalulintas serta aplikasi program VISSIM," ujarnya dalam keterangan yang didapat, Minggu 13 Juni 2021.

AYO BACA :Mahasiswa USM Donasikan Buku ke Lokasi Program Kampus Mengajar

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pati, Teguh Widyatmoko, menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya kegiatan pelatihan tersebut.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan terjalin kerja sama yang baik antara institusi perguruan tinggi dengan instansi pemerintah," imbuhnya.

Kegiatan pun dilaksanakan berjalan dengan sukses, hal tersebut terlihat dari keaktifan peserta dan adanya peningkatan skill peserta dalam mengaplikasikan program setelah diberikan pelatihan software VISSIM. 

AYO BACA :Mahasiswa Sipil Semarang Dilatih Penggunaan Software Plaxis