metsa_kopi.jpg
Pengunjung Metsa Kopi keindahana hutanbdamar yang berada di Desa Kembanglangit, Kabupaten Batang. (dok)

BATANG, AYOSEMARANG.COM-- Kedai kekinian dengan konsep industrial cafe, dengan hawa yang sejuk berselimut kabut di tengah rindang pohon damar sangat  menambah suasana romantis.

Hal itu sedikit menggambarkan keindahan dan keelokan kedai kopi yang disuguhkan oleh Metsa Kopi.

Metsa Kopi menjadi satu di antara kafe yang patut dikunjungi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah tepatnya di Desa Kembanglangit.

Kedai yang baru buka pada Desember tahun lalu ini ternyata sudah cukup menarik pengunjung. Bahkan cukup viral di sosial media.

Seperti halnya Nety, yang mengetahui tempat ini dari Instagram. Bersama teman-teman kantornya, dia sengaja mampir karena penasaran dan ingin mencoba suasana nongkrong yang baru.

"Ini sih di Instagram kan banyak yaa dan lumayan viral juga, jadi saat ada acara di Pemalang sekalian mampir, suasananya bagus dan enak karena kami kan dari Semarang ya biasanya panas, di sini sejuk," tuturnya, Minggu 13 Juni 2021.

AYO BACA : Eksistensi Sendang Wonodri, Sendang di Tengah Kota yang Tetap Lestari

Meski menurutnya lokasi cukup jauh dari perkotaan, namun terbayarkan dengan suasana dan pemandangan sesampainya di Metsa Kopi.

"Terbayarlah sampai sini tidak mengecewakan, makanan minumannya juga lumayan enak harga terjangkau, jadi boleh lah kapan-kapan ke sini lagi ajak keluarga," jelasnya.

Pemilik Metsa Kopi, Nanang mengatakan konsep industrial cafe sengaja dibuatnya agar ada kesan yang berbeda, karena letaknya di tengah hutan.

"Konsep industrial cafe seperti ini biasanya berda di kota-kota eks pabrik. Kami mencoba menerapkan konsep industrial cafe ini di tengah hutan, agar berbeda dan ada kesan yang lain," tuturnya.

Dijelaskannya, desain interior industrial memiliki ciri khas unik biasanya menggunakan warna-warna monokromatik dan terkesan maskulin.

"Beberapa material yang digunakan cenderung kasar seperti logam dan baja yang sengaja dipamerkan untuk menunjukkan karakternya," ujarnya.

AYO BACA :Uniknya Roti Bakar Pelangi, Dibakar Pakai Arang Briket

Selain itu, beberapa tempat juga dibuat dengan jaring-jaring yang menggantung sehingga pengunjung bisa lebih santai.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, terdapat 30 jenis minuman dan makanan modern yang bisa memanjakan lidah pengunjung.

Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau mulai dari Rp15 ribu hingga Rp35 ribu saja.

Varian menu minuman mulai dari cokelat, espresso, based, milk based, dan teh.

Berbeda dengan kedai lainnya, di Metsa Kopi pihaknya menerapkan self service yakni pengunjung memesan, membayar dan membawa sendiri makanannya.

"Untuk menu, lebih banyak ke makanan minuman modern kekinian dengan 30 jenis varian minuman es dan panas, kalau makanan seperti ricebowl basic ayam maupun daging juga berbagai snack camilan,”  jelasnya.

Nanang mengatakan kebanyakan pengunjung justru dari luar kota seperti Semarang, Tegal, dan Pekalongan.

"Pengunjung sendiri justru banyak dari luar kota seperti Semarang, Tegal. Kalau weekday bisa sekitar 150 - 200 pengunjung, weekend 400 - 500an pengunjung, prokes juga kami terapkan dengan wajib masker," imbuhnya.

AYO BACA :Kafe Disini Kopi, Nongkrong Ditemani Deburan Ombak Pantai Sigandu