salatiga-nominasi-nominasi-creative-city-of-gastronomy.jpg
Kota Salatiga diusulkan menjadi nominasi Creative City of Gastronomy ke Unesco Creative City Network (UCCN). (pinterest)

SALATIGA, AYOSEMARANG.COM -- Kota Salatiga diusulkan menjadi nominasi Creative City of Gastronomy ke Unesco Creative City Network (UCCN).

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan, Selain Salatiga, Kota Jakarta juga diusulkan untuk kategori Creative City of Literature.

AYO BACA :Dorong Produk Unggulan, Pemkot Salatiga Gelar International Conference Gastronomy History

"Salatiga dan Jakarta berhasil lolos seleksi nominasi untuk mewakili Indonesia. Kita akan berupaya dan bekerja keras agar menjadi Kota Kreatif di dunia untuk kategori gastronomi," ujarnya dalam keterangan yang didapat, Kamis 24 Juni 2021.

Yuliyanto mengakui kondisi pandemi Covid-19 menjadi tantangan sekaligus pemacu dalam kompetisi tersebut. Selain berbagai pusat kuliner dan UMKM, di Salatiga juga terdapat Pusat Studi Tempe, Pusat Dinamika Usaha Mikro dan Kecil (CEMSED) serta Program Studi Teknologi Pangan.

AYO BACA :Juventus Incar Manuel Locatelli, Siapkan Dana Rp517 Miliar

"Dari 14.440 UMKM yang terdaftar di dinas terkait, 6.178 UMKM di antaranya berbasis kuliner.  Selain itu, lanjutnya, Pemkot Salatiga juga berkomitmen untuk memfasilitasi kegiatan yang mendorong perkembangan kuliner," imbuhnya.

Adapun kegiatan yang mendorong perkembangan kuliner diantaranya, pelaksanaan pameran, festival jajanan, dan sosialisasi produk kreatif.

"Kemudian, penetapan Kampung Tematik Singkong Ngaglik sebagai pusat produk olahan singkong, Kampung Kuliner Monginsidi, Kridanggo, Jalan Adi Sucipto, serta keberadaan Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Salatiga yang dioptimalkan untuk tempat pameran, seminar, maupun konferensi," katanya.

AYO BACA :Untuk Kelima Kali, Salatiga Raih WTP dari BPK Jateng