02590.mts_000002080.jpg
Pelanggan Afterbreak Sumberejo Kaliwungu menikmati lobster saus nelayan yang kaya rempah dan murah. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KALIWUNGU,AYOSEMARANG.COM--  Menikmati lobster bisa dengan cara digoreng atau menggunakan saus beraneka macam.

Di Kendal, ada sebuah kedai yang menyajikan hidangan lobster dengan unik, yakni saus nelayan.

Makanan laut ini diolah dengan menggunakan rempah-rempah, sehingga menghilangkan bau amis dan rasanya lebih nikmat.

Uniknya lagi menyantap lobster dengan campuran kepiting dan kerang, serta berbagai saus ini relatif cukup murah.

Jika mendengar lobster banyak yang menilai makanan dengan bahan ini pastilah mahal, dan hanya dinikmati di rumah makan besar saja.

Tetapi di Kendal sebuah kedai masakan laut yang sederhana ini, mempunyai menu favorit lobster dengan berbagai macam saus.

AYO BACA :Polres Kendal Gelar Yustisi, Hasil Swab Positif Langsung Dikarantina di RSDC

Berada di Desa Sumberejo Kaliwungu, lobster yang digunakan adalah hasil perburuan pemilik kedai Afterbreak di daerah Gunung Kidul Yogjakarta dan diolah dengan bahan-bahan lokal dari Kendal seperti kepiting dan aneka macam kerang.

Menu lobster di kedai ini diolah dengan cara berbeda, bahan utama lobster dan kepiting terlebih dahulu direbus dalam rebusan rempah beraneka macam dan sayuran untuk menambah rasa sekaligus menghilangkan amis pada olahan laut ini.

Usai direbus dengan rempah dan sayuran, lobster dan kepiting yang sudah matang dimasukan dalam wajan berisi saus dan bumbu hingga meresap.

Dalam satu porsi, lobster dimasak bersama kepiting dan kerang serta kentang dan jagung manis serta sosis.

Menu lobster saus nelayan menjadi favorit karena tidak pedas dan gurih serta tidak amis.

Bagi pelanggan, lobster yang dimasak dengan rempah dan saus unik ini terasa nikmat dan gurih.

AYO BACA :Pantai Cahaya Ditutup Bentuk Dukungan Kebijakan Pemerintah

“Bumbunya yang kaya rempah membuat olahan lobster ini semakin nikmat dan gurih. Rasanya juga nikmat bumbunya terasa hingga kedalam lobster,” jelas Marina penikmat hidangan laut.

Sementara  pelanggan lainnya mengatakan,  olahan lobster di kedai after break termasuk murah dan nikmat tidak kalah dengan olahan yang sama di rumah makan yang besar.

“Di sini selain rasanya yang gurih dan nikmat, harganya murah dibandingkan dengan rumah makan lainnya,” kata Siti Kenti, pelanggan lainnya.

Sedangkan pemilik kedai Afterbreak, Muhammad Dany Fatchur Chior mengatakan untuk bahan utama lobster didapatkan dari wilayah Gunung Kidul, yang  memang banyak budidaya lobster.

“Sementara untuk campuran olahan makanan laut seperti kepiting, kerang dan lainnya didapat dari wilayah pantura Kendal. Menu yang menjadi favorit adalah lobster saus nelayan dan saus Padang. Kalau saus nelayan bumbunya hampir sama dengan saus asam manis, namun tidak pedas dan rasa rempahnya lebih terasa,” jelasnya.

Selain olahan lobster dengan berbagai aneka saus, yang juga favorit adalah rajungan krispi. Hewan laut sejenis kepiting ini digoreng dengan tepung dan bisa langsung dimakan bersama cangkangnya yang sudah empuk.

“Untuk menikmati lobster beraneka macam saus ini kita membadrol mulai Rp 100 ribu hingga Rp 175 ribu saja,  sudah bisa menyantap dua ekor lobster dan kepiting serta kerang,” imbuhnya.

AYO BACA :Sangar, Sehari 4.008 Warga Kendal Divaksin