rektor-upgris-dr-muhdi.jpg
Rektor UPGRIS Dr Muhdi (dok)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Merdeka Belajar-Kampus Merdeka merupakan salah cara untuk menyiapkan generasi muda yang hebat.  Yang mana saat ini, perubahan  teknologi sosial dan lingkungan terjadi secara global.

Hal tersebut disampaikan Rektor UPGRIS, Dr Muhdi, dalam kegiatan webinar nasional dalam rangka dies natalis ke-40 Universitas PGRI Semarang. Adapun tema dalam kegiatan tersebut adalah "Pengembangan Sumber Daya Manusia Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka".

"Ini menjadi tantangan bagi perguruan tinggi  untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Mampu beradaptasi serta memiliki jiwa gotong royong," ujar Dr Muhdi, Selasa 13 Juli 2021.

AYO BACA :7 Prodi UPGRIS Lolos Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 2021

Salah satu narasumber, Koordinator Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Sumber Daya Dikti, Mulyono menjelaskan mengenai tantangan nasional.

"Arah kebijakan dan strategi Ditjen pendidikan tinggi pertama meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi. Kedua, menguatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi. Ketiga, menguatkan mutu dosen dan tenaga kependidikan (kualifikasi, karier, kompetensi). Keempat, menguatkan sistem tata kelola Ditjen pendidikan tinggi,” katanya.

Sementara itu, Muhammad Zaenuri, Kepala LLDIKTI wilayah VI Jawa Tengah menyampaikan materi dengan judul pengembangan sumber daya manusia era merdeka belajar kampus merdeka.

AYO BACA :Pemkot Pekalongan Buka 527 Formasi CPNS dan PPPK 2021, Ini Daftarnya

“Mengapa perlu merdeka belajar-kampus merdeka. Ini sebagai menyiapkan mahasiswa dalam dunia kerja yang memiliki keterampilan multidisiplin ilmu. Mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal," ucapnya.

"Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi bahkan luar PT Mendorong proses pembelajaran di Perguruan Tinggi yang semakin otonom dan fleksibel. Serta, menciptakan kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa,” tambahnya.

 

 

AYO BACA :Unika Soegijapranata Luncurkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka