dsc_1214[1]_(1).jpg
Manager Area Jateng 1 Kimia Farma Citarum Kota Semarang Firdaus Sitepu saat menyampaikan terkait penundaan vaksinasi berbayar di Apotek Kimia Farma Citarum. Pemerintah Pusat membatalkan program vaksinasi berbayar lewat PT Kimia Farma pada Jumat 16 Juli 2021. Pembatalan itu dilakukan setelah mendapat respon dari masyarakat. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANGTIMUR, AYOSEMARANG.COM- Vaksinasi berbayar di PT Kimia Farma yang tadinya ditunda kini benar-benar dibatalkan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada Jumat 16 Juli 2021.

Pembatalan ini diputuskan setelah mendapat masukan dan respon dari masyarakat.

Semua vaksinasi akan tetap menggunakan mekanisme seperti yang sudah berjalan.

“Semua vaksin tetap dengan mekanisme yang digratiskan seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden sebelumnya,” ujar Pramono.

AYO BACA :Perjelas Posisi Sektor Industri Selama PPKM Darurat, Ganjar Pranowo Pakai 3 Strategi

Kemudian terkait dengan Vaksinasi Gotong Royong, mekanismenya tetap dilakukan melalui perusahaan. Di mana perusahaan yang akan menanggung seluruh biaya vaksinasi bagi karyawannya.

Pembatalan vaksinasi berbayar ini juga dibenarkan oleh Manager Area Jateng 1 Kimia Farma Citarum Kota Semarang Firdaus Sitepu. 

Dia mengikuti instruksi dari Pemerintah dan secara resmi membatalkan vaksinasi.

“Secara umum kita tidak akan mungkin diluar dari ketetapan pemerintah pusat,” tutur Firdaus pada Sabtu 17 Juli 2021.

Dia juga menyampaikan sejak pembukaan pendaftaran pada Senin 12 Juli 2021 sebetulnya sudah ada 10 peserta yang mendaftar.

AYO BACA :Poin Penting Perubahan Aturan PPKM Darurat Kota Semarang, Simak Agar Tak Keliru

Namun dengan perkembangan yang demikian semua pendaftar itu secara otomatis juga dibatalkan.

Terkait dengan biaya, Firdaus menerangkan jika peserta belum ada yang membayar. Semua pendaftar masih sebatas melakukan registrasi.

“Pembayaran dilakukan setelah melakukan vaksinasi. Jadi para peserta ini baru booking,” tutur Firdaus.

Sebelumnya vaksinasi berbayar di Kota Semarang akan dilakukan di Kimia Farma Citarum. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut yang memenuhi persyaratan fasilitas kesehatan (faskes) dalam menyelenggarakan vaksinasi berbayar.

Firdaus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan vaksinasi gratis yang sudah disediakan pemerintah. Ia terus mendukung percepatan vaksinasi untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

“Kalau ada yang gratis ya pakai yang gratis. Kalau ada fasilitas dari perusahaan, ikuti saja. Sebisa mungkin lakukan vaksinasi segera.,” tandasnya.

AYO BACA :Kapolri dan Panglima TNI Kunjungi Warga Isoman di Tembalang