kantor-badan-pom-kebakaran.jpg
Gedung kantor BPOM di Jakarta Pusat yang terbakar Minggu 18 Juli 2021, malam. (Twitter/humasjakfire)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Gedung kantor milik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang berlokasi di Jalan Percetakan Negara, Johar Baru, Jakarta Pusat, terbakar, Minggu 18 Juli 2021, malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Vaksin dan obat-obatan yang berada di lokasi gedung juga bisa terselematkan,

Terkait kronologi kejadian kebakaran tersebut, BPOM mengungkapkan, kebakaran terjadi pada sekitar pukul 21.30 WIB, api pertama kali terdeteksi di Lantai 1 Gedung F Barat BPOM Jakarta.

"Di mana pada saat kejadian sedang dilakukan pekerjaan peremajaan panel listrik," tulis BPOM dalam keterangannya, Senin 19 Juli 2021.

AYO BACA :Gedung BPOM di Jakpus Kebakaran, Obat dan Vaksin Selamat

Meski begitu, BPOM menegaskan bahwa hingga saat ini penyebab pasti kebakaran belum diketahui.

"Penyebab kebakaran masih dalam pendalaman penyelidikan oleh pihak Kepolisian Sektor Johar Baru," jelasnya.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.00 WIB dengan melibatkan 8 unit mobil pemadam kebakaran dan 9 unit mobil penunjang dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat.

"Peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Kerusakan terjadi di 1 ruangan dan tidak mengganggu fungsi pelayanan di Badan POM," tutur BPOM.

AYO BACA :Bikin Geram! Bos PT ASA Bohongi BPOM untuk Timbun Obat Covid-19 Azithromycin

Sementara Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan kerugian materi ditafsir mencapai Rp 600 juta.

"Kerugian ditaksir Rp600 juta dengan luas area 8x25 meter atau 200 meter persegi," kata Asril, Senin 19 Juli 2021.

Salah satu Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat Saiful Kahfi menambahkan, dalam insiden ini tidak ada obat atau vaksin aman yang terbakar.

"Enggak (ada obat atau vaksin terbakar), karena sementara kertas aja yang kebakar, karena (yang terbakar) kantornya," ujar Saiful saat dihubungi Suara.com.

Saat ini kondisi kebakaran di lokasi sudah terkendali. Pihaknya sudah melakukan pendinginan dan sedang menguraikan asap.

AYO BACA :Disuntikkan Agustus, BPOM Segera Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Pfizer