cara-bersihkan-daging-sapi.jpg
Istimewa, membersihkan daging sapi agar awet meskipun tidak langsung dimasak. (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Saat Iduladha, biasanya akan ada kiriman daging sapi. Teknik atau cara membersihkan daging sapi ini perlu diketahui agar daging sapi kurban Iduladha dapat awet meskipun tidak langsung dimasak.

Dilansir Suara.com, salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pada pembersihan daging sapi adalah mencuci daging sapi yang baru saja dibeli. Padahal ternyata hal tersebut tidak perlu dilakukan. Lantas bagaimana cara membersihkan daging sapi yang tepat?

1. Jangan dicuci

Berbeda dengan daging ayam, sebelum diolah daging sapi tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Itulah mengapa ditempat penjagalan jarang ditemukan daging sapi yang dicuci.

AYO BACA :Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tidak Bau dan Awet

Umumnya, mereka akan langsung menggantung daging sapi yang baru dipotong. Daging sapi yang dicuci justru akan menurunkan kualitas karena menjadi mengkerut dan kaku.

2. Rebus daging

Sebenarnya mencuci daging sapi tidak sepenuhnya dilarang, asal dilakukan tepat sebelum daging dimasak dan menggunakan air mengalir.

Namun pembersihan daging sapi juga dapat dilakukan dengan merebus langsung daging sapi. Apabila air rebusan sudah terlihat keruh, maka air dapat dibuang dan diganti dengan air yang baru.

AYO BACA :Cara Aman Orang Tua Dampingi Anak Positif Covid-19

3. Bersihkan dengan tisu

Sisa-sisa darah segar pada daging sapi dapat Anda bersihkan menggunakan tisu dapur. Setelah itu, istirahatkan daging sapi sejenak lalu masak.

Namun jika masih belum akan diolah, cara membersihkan daging sapi cukup dengan tisu dapur. Lalu simpan dalam wadah kedap udara atau plastic wrap.

Setelah itu langsung simpan daging sapi ke dalam freezer. Jika dibungkus dengan baik, daging sapi dapat disimpan hingga enam bulan mendatang.

Namun perlu diingat bahwa untuk mengolah daging sapi yang membeku, Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu melalui proses thawing hingga es yang menyelimuti daging sapi mencair.

Namun jika Anda menginginkan proses yang lebih cepat, Anda dapat mencairkan daging sapi beku menggunakan air keran untuk merendamnya. Perlu diingat, apabila Anda menggunakan cara ini, maka daging harus segera diolah.

Demikian cara membersihkan daging sapi secara benar. Jangan lupa untuk segera mengolah daging sapi Anda segera setelah mendapatkannya.

AYO BACA :Cara Olah Daging Sapi yang Benar agar Tak Was-was Soal Kolesterol