goa_kreo.jpg
Pengunjung di kawasan wisata Goa Kreo sebelum pemberlakukan PPKM Darurat. (ayosemarang.com/Vedyana)

GUNUNGPATI, AYOSEMARANG.COM -- Diberlakukannya PPKM Darurat dari 3-20 Juli 2021 ini membuat sejumlah destinasi wisata di Kota Semarang harus tutup sementara waktu.

Salah satunya objek wisata Goa Kreo Semarang. Tentunya, pemberian pakan kepada monyet-monyet di area wisata tersebut menjadi hal wajib dilakukan.

AYO BACA :Pedagang di Objek Wisata Goa Kreo Nekat Buka untuk Cari Untung di Momen Lebaran

Kepala UPTD Goa Kreo, Mamit Sumitra mengatakan, berbeda dari tahun lalu, di tahun ini, pemberian pakan bukan menjadi masalah lagi. Saat ini, dalam sehari, pengelola bisa memberikan 2 kali pakan  untuk gerombolan monyet di Goa Kreo.

"Kalau tahun ini pemberian pakan sudah nggak jadi masalah. Karena sudah ada anggarannya, kalau tahun lalu kan alokasi anggarannya perlu penyesuaian karena pandemi dulu," ujarnya, Senin 19 Juli 2021.

AYO BACA :Buka di Libur Lebaran, Objek Wisata Goa Kreo Terlihat Longgar dari Pengunjung

Pemberian pakan yang sudah rutin diberikan untuk para monyet saat ini, membuat kawanan monyet tidak lagi menyerbu permukiman penduduk seperti di awal pandemi tahun lalu. Yang mana karena kelaparan, kawanan monyet terpaksa memasuki pemukiman penduduk untuk mencari makan.

"Saat ini mungkin masih ada satu atau dua Monyet yang melakukan itu, tapi nggak sampai gerombolan menyerbu pemukiman penduduk kayak tahun kemarin. Masih bisa ditoleransi warga lah kalau cuman satu dua monyet yang masuk," imbuhnya.

Dalam sehari, saat ini pengelola Goa Kreo memberikan pakan 2 kali dalam sehari kepada kawanan monyet. Pemberian pakan dilakukan pagi hari dan sore hari.

"Pakannya biasanya kita kasih ketela atau jagung pipil. Untuk pemberiannya kita bergantian. Misal pagi ini jagung sorenya ketela, di hari berikutnya kita awali ketela, dan jagung di sore harinya.

AYO BACA :Pandemi, Mahakarya Goa Kreo Disiarkan Virtual