tabung_oksigen_singapura.jpg
200 tabung oksigen dari Singapura tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Senin 19 Juli 2021. Ratusan tabung oksigen tersebut untuk kepentingan hibah yang diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. (dok Bea Cukai Surakarta)

BOYOLALI, AYOSEMARANG.COM – Bea Cukai Surakarta melakukan klarifikasi  penanganan barang hibah 200 tabung oksigen yang dikirimkan dari Singapura di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Senin 19 Juli 2021.

Tabung-tabung oksigen tersebut dikirim dari Singapura untuk kepentingan hibah yang diterima oleh Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

Pengeluaran barang hibah terkait tabung oksigen ini sudah tercantum di Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.02/2021 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Penanganan Covid-19.

AYO BACA :Amankan 3 Pelaku, Bea Cukai Surakarta Ungkap Jaringan Pembuat Miras Impor Palsu

Berdasarkan peraturan tersebut, tabung oksigen masuk dalam kategori barang pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI).

Aries Baroto, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cuka Surakarta mengemukakan, dari Bea Cukai sudah melakukan langkah yang proaktif dengan berkoordinasi dengan pihak terkait antara lain, Gapura, Angkasa Pura Logistic, serta dari Dinkes Pemkot Surakarta.

Setelah Surat Pemberitahuan Cargo Charter Flight diterima oleh pihak Bea Cukai Surakarta pada tanggal 16 Juli 2021, pukul 16.45 WIB, pihaknya lalu melakukan pengawasan pembongkaran atas barang tersebut ketika pesawat tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 12.50 WIB.

AYO BACA :Bea Cukai Surakarta Berikan Fasilitas KITE IKM ke Industri Konfeksi

“Selanjutnya barang selesai dibongkar dan ditimbun di TPS Bandara Adi Soemarmo pada pukul 14.30 WIB, sembari berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta,” jelas Aries.

Proses pengeluaran tabung oksigen tersebut saat ini sudah bisa dilaksanakan dan disaksikan juga oleh Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Angkasa Pura Logistic, Satgas Covid-19 dari TNI AU, dan Bea Cukai Surakarta.

Aries berharap, dengan dukungan dan koordinasi dari semua pihak yang berwenang, semoga barang hibah ini dapat membantu meringankan beban dari masyarakat yang saat ini sedang menderita Covid-19.

“Kami selalu siap dan berkomitmen penuh untuk mendukung agar proses pengeluaran barang bisa dijalankan secepatnya, tentunya dengan tidak melanggar ketentuan yang berlaku,” tambah Aries.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Siti Wahyuningsih, menjelaskan, bantuan tabung oksigen tersebut dari Shopee. Menurut Ning, sapaan Siti Wahyuningsih, bantuan tabung oksigen tersebut sangat bermanfaat dan nantinya akan didistribusikan ke 15 rumah sakit di Kota Solo.

“Dengan adanya bantuan tabung oksigen dari Shopee, bagi kami, Pemkot Surakarta sangat bermanfaat sekali dalam kondisi saat ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait, dari Bea Cukai, Angaksa Pura Logistik, Kodim, Polres, BPBD, AURI, dan seluruh pihak yang telah membantu kelancaran proses ini,” jelas Ning.

AYO BACA :Atasi Kendala Pasokan Oksigen di Jawa Tengah, Ganjar Siapkan 5 Skenario